micro teaching RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : B. Inggris
Kelas/semester : 1/1
Pertemuan : 4
Alokasi waktu : 1 x 45
A.
Standar kompetensi
Berkomunikasi lisan dan tertulis
menggunakan ragam bahasa yang sesuai, terutama berkenaan dengan dengan kejadian
yang telah lalu dalam bentuk past simple.
B. Kompetensi
Dasar
1. Memahami
cara mengungkapkan kalimat dalam bentuk
present continous.
2. Memahami
perbedaan waktu penggunaan antara present continous
C. Indikator
1.
Mengungkapkan
dan menulis kalimat yang benar dalam bentuk present contious.
2.
Menggunakan
cara-cara
pengungkapan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
diharapkan mampu mengekspresikan ungkapan dalam bentuk present
continous, baik secara lisan maupun tulisan.
2.
Siswa
mampu menerapkannya dalam percakapan sehari-hari.
E. Materi
Pembelajaran : grammer
The
Past Simple and The Past Prograsive
The Past Simple
|
Used
to describe:
·
Complete action that took place in definite time
in the past.
e.g. I was naughty when I was child.
·
Permanent situation in the past.
e.g. John lived in Ireland for 15
years.
·
Past habits or repeated actions in the past.
e.g. When I was in Elementary school,
I often played in the yard.
|
Time expression
|
Yesterday,
ago, last month/week, etc
|
F. Metode
Pembelajaran
ü
Metode ceramah
ü
Praktek
G. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan awal
§
Memberi
salam
dan menanyakan keadaan siswa
§
Mengabsensi
siswa
§
Motivasi : Guru melakukan Tanya jawab
tentang meteri yang akan diajarkan
2. Kegiatan inti
1.
Presentation
§
Guru
mempresentasikan materi pembelajaran mengenai past simple
dan past progressive.
§
Guru
menunjukkan contoh-contoh kalimat tentang past simple dan past
progressive.
2.
Praktek
§ Siswa dituntut untuk menulis kalimat
tentang past simple dan past progesive sesuai dengan apa yang telah diajarkan.
3.
Kegiatan
akhir(penutup)
§ Guru memberikan penguatan kembali tentang materi yang
sudah dibahas
§ Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa
§ Guru menyimpulkan bersama dengan siswa materi yang sudah
dibahas
H.
Sumber Belajar
·
Buku teks yang relevan
·
English
Course, Look a Head
I.
Penilaian
a. Teknik penilaian: writing
b. Alat penilaian: write teks by taking data.
Lhokseumawe 24 Maret 2013
Mengetahui Mahasiswa yang bersangkutan
SAMHUDI, S.Pd, M.Pd ABDUL RAJAB
Comments
Post a Comment